Menulis adalah caraku mengabadikan pengalaman agar tak lupa dari ingatan. Ini adalah rumah mayanya D dimana D nyaman memperlihatkan isinya. Blog ini berisikan tentang kehidupan D. Mix and fun. Macam-macam. Pemikiran saya. Kejadian sehari-hari. Review film, buku, tempat. A box of chocolate.

Sunday 18 November 2012

Zhao Wei, Memories of My Childhood

Satu abad kehidupan manusia, bagaikan hidup dalam mimpi dan khayalan

Baru aja nonton film Mulan versi live-action! dan yang main itu Vicky Zhao... Akkkk bener2 membangkitkan memori banget deh. Dan tadi nontonnya sama bokap gue. Kalo nonton film 'cina ngamuk' gini gue berfangirling bareng bokap deh :))  Trust me, bagi bokap film gini emang bisa bikin mata gak lepas dari layar kaca non-stop.

(note : dulu kita mengistilahkan film yang ada silat n jadul gini menyamaratakan genre ' cina ngamuk'. Unfair sebenernya, karena sineas-sineas hongkong dikenal sebagai sumber inspirasi sineas hollywood. The Matrix, salah satu contohnya. dan ya, baru aja menyadari ciri khas kolosalnya hongkong yang ciamik punya) 

Akkkkkkk, jadi inget kalo dulu gue ngefans berat ama Zhao Wei aka Vicky Zhao ini. Doi cantik, (Dan gue jadi mempertanyakan apakah dia oplaskah? never mind juga sih), aktingnya oke punya dll dsb segudang kelebihan lainnya.
(oiya selain Zai Zai juga sederet artis hongkong kaya Shu Qi, Donnie Yen even Simon Yam juga ciamik punya IMHO!) 

Btw, saya jadi melakukan riset singkat. Mana yang lebih dahulu tayang di Indosiar, film2 sejenis Return of Condor Heroes atau anime2 lalu dilanjut dorama jepang. Bagi saya ini penting, karena negara mana dulu yang menarik perhatian saya. Alias Hongkong atau Jepang kah ketertarikan saya lebih dahulu? LOL 

Dan hasilnya adalah, Return of Condor Heroes tayang di Indosiar tahun 1990-an dan Sailormoon tayang 1996. Soooooo, Hongkonglah yang menarik saya dulu XD.

Lalu kenapa saya lebih into Japan more than Hongkong? Dunno, mungkin waktu mulai Jejepangan, anime dan manga udah mulai inget dan bisa fangirling wlau masih sendirian. Trus udah mulai ketemu temen. Belom lagi dorama2 jepang yang langsung bisa menyenandungkan soundtracknya. Karena sudah mulai beranjak abege. Dan apalagi sekarang, fandom yang saya selami adalah fandom Jepang semua :D 

Padahal ini di otak muter *gara-gara tadi nonton Vicky Zao* muter2 adegan film hongkong/taiwan yang bahkan saya lupa apa cerita persisnya, siapa yang maen, taun berapa dll dsb  (pe-er lagi deh ini nyari tahu) 

1. Film yang mengisahkan tentang sebuah kitab yang sangat sakti. bisa bikin yang menguasai ilmu tersebut punya ilmu tak terkalahkan. Tapi konsekuensinya adalah, pemilik ilmu tersebut akan berubah menjadi wanita. Trus akhirnya si jagoannya itu yang tadinya mau membunuh si penjahat, malah jatuh cinta sama dia (karna udah jadi wanita cantik banget) dan mengalami dilema. 
2. Vampire cewek yang berhubungan sama pembasmi vampir (jadi inget Buffy juga deh) 
3. Pendekar harum
4. Penginapan Pintu Naga movie dan serialnya
5. Seorang yang sangat sakti tapi menyepi di gunung demi istrinya dan kakak seperguruannya yang naksir dia. Tapi akhirnya harus turun gunung juga karena ada penjahat yang ngobrak-ngabrik desa. 
6.Gerombolan cewek yang mengerjakan pekerjaan berbahaya. 
7. Dll dsb, 

Aaakkkkk keren2 semua! ya silatnya, efeknya, cara tutur berceritanya. 

Dan sumpah! bisa menampilkan sisi romantis sepasang kekasih. Tanpa harus ada adegan kissing. Tanpa harus ada adegan vulgar (fyi, gue dulu sampe percaya kalo making love alias  'bobo bareng' itu si cewe cuma cukup buka pakaian luar, cuma menyisakan kemben, trus bobo beneran deh di bantal kayu itu LOLOLOL upsss, agak nyerempet nih -_- ) 

Kaya tadi aja, proses jatuh cintanya Mulan sama Wen Tai terjadi alamiah. Karena saling membutuhkan support pada waktu perang. Karena saling melindungi satu sama lain agar tidak terbunuh di medan perang. Dan adegan paling vulgar ya cuma pas Mulan sakit kena panah beracun trus si  Wen Tai nemenin dia di sampingnya. And its so damn romantic! <3<3 

Oke mari kita masuk dengan meriview sedikit Mulan-nya Vicky Zhao ini. 

Mulan, (tahun 2009 bokkkk)


Hmmmm...udah pada nonton versi Disneynya kali ya...
Tentang seorang wanita yang tinggal di desa prajurit. Lalu saat ada perang, ayahnya sakit-sakitan dan akhirnya Hua Mulan memutuskan untuk menggantikan ayahnya pergi berperang. Pergi menyamar dan harus sangat merahasiakan identitasnya. Karena hukuman untuk itu sangat jelas, dipenggal. 

Tapi versi live-action ini bagus bangeeeet! Lebih menceritakan hubungan satu kamp prajuritnya. Dan dari awal ada beberapa orang yang tahu identitas Mulan dan tetap merahasiakannya. Termasuk Xiao Huei teman satu kampungnya dan Wen Tai rekan sesama prajurit. 
Kesakitan demi kesakitan yang dirasakan Hua Mulan karena melihat kematian teman-temannya setiap hari. Mulan dan Wen Tai menjadi Panglima perang bersama-sama melawan Negara Rouran yang ingin menguasai Wei. Perang demi perang pun mereka lalui. Kremasi jasad prajurit menjadi makanan setiap hari. Jangan sampai ada perasaan di perang ini. 
Sampai pada akhirnya Wen Tai memutuskan menyebar berita kematiannya agar Mulan yang bisa menjadi Panglima tunggal dan fokus berperang, so touching. 
Ketika Mulan dan pasukannya terdesak di lembah, Wen Tai pun membuka identitas yang disimpannya selama 12 tahun ini. Dia menyerahkan diri kepada Rouran sebagai Pangeran Huong dari Kaisar Wei. Semua itu dilakukan agar Mulan mendapat pengobatan. 
Apakah Mulan pasrah? tentu tidak. Setelah sembuh, sendirian menyelinap ke Rouran dan dengan bantuan Puteri Rouran, Canyu berhasil dibunuh.

Kembali ke Wei, Mulan pun diampuni karena penyamarannya ini telah mengantarkan mereka pada kemenangan. Dia pun memutuskan langsung pulang, pertama karena ingin menemui ayahnya, alasan yang kedua adalah karena Kaisar Wei langsung memutuskan diadakan pernikahan antarai Pangeran Huong aka Wen Tai, dengan Puteri Rouran sebagai lambang perdamaian.

Hua Mulan dan Wen Tai sama-sama menyadari bahwa mereka tak mungkin bersama. Semua semangat yang Wen Tai berikan akan tetap dikenang Mulan setiap pagi "mulai hari ini dan seterusnya" ucap Hua Mulan saat mereka berpelukan untuk terakhir kalinya. Berpelukan sebagai Hua Mulan, seorang wanita.

Dan ketika Wen Tai pergi meninggalkannya, kisah mereka pun berakhir sudah

Some say, travel too far and you’ll forget your home;
Kill too much and you’ll forget yourself.

Reference : 
* Google, for the image 
* Wikipedia
http://yingweitan.wordpress.com/2009/11/25/movie-review-mulan-2009/#comment-437 


PS : saya jadi ingat pernah posting kalau saya mengalami dejavu saat nonton Sungkyunkwan Scandal. Mungkin dejavunya karena wanita yang nyamar jadi pria sangat sering diangkat di film hongkong. Begitupun jenis pertemanan F4-nya SKKS. yatta! gak ngganjel lagi 

No comments:

Post a Comment

Pages