Menulis adalah caraku mengabadikan pengalaman agar tak lupa dari ingatan. Ini adalah rumah mayanya D dimana D nyaman memperlihatkan isinya. Blog ini berisikan tentang kehidupan D. Mix and fun. Macam-macam. Pemikiran saya. Kejadian sehari-hari. Review film, buku, tempat. A box of chocolate.

Sunday 11 September 2016

[Review] Supernova, Dari Ksatria hingga Intelegensi Embun Pagi.

supernova/su·per·no·va/ n Astron 
bintang meledak berukuran besar






Pertama kali membaca Supernova : Ksatria, Puteri dan Bintang Jatuh pertama kali di tahun 2008/2009. Inget banget waktu itu Pak Oni yang minjemin bukunya. Berkenalan dan sangat jatuh cinta dengan istilah "Schrodinger Cat" sampai-sampai saya memakai istilah tersebut di berbagai judul blog saya. 

Lalu kemudian terlupakankah. Baik lanjutannya maupun passion membaca saya yang timbul tenggelam karena kesibukan. 

Kehebohan saat launching seri lanjutannya tetap masuk pantauan saya lho tapinya. Terutama, saat seri terakhir Intelegensi Embun Pagi beberapa bulan yang lalu. Memutuskan untuk membaca lagi dari awal, dan voila! Teman sebelah kubikel ternyata pecinta buku juga dan baru saja dapat hadiah dari pacarnya 1 set kompllt Supernova seri ini! #mestakung #bisadipinjam

Jadi, saya baca lagi KPBJ dan lanjut ke semua serinya dalam waktu....satu bulan setengah sodara-sodaraaaa. Luar biasa. 6 buku. 

And i'm fallling in love :) 

(warning, this is may contain full spoiler of the story) 


Ksatria, Puteri dan Bintang Jatuh. 

Saat membaca pertama kali di tahun 2008, saya masih 100% berjiwa kimia. Ini bikin saya "man, gila buku ini keren banget!" 
Istilah-istilah ajaib keilmuan medis dan kimia yang muncul di buku ini bikin saya addict. Apalagi saya baru berkenalan dengan istilah Paradox Kucing Schrodinger. Ini bikin saya browsing-browsing dan membuat jiwa scientist saya bergelora. #tsah 

Namun hal tersebut tidak terjadi pada kedua kalinya ini. Entah pengaruh lagi jenuh dengan kerjaan yang menggila. Saya merasa istilah-istilah itu bikin exhausted, dan banyak saya skip. Lalu tentang Rana sang Puteri. Dulu saya benci banget dengan keputusan akhir Rana. Dulu saya belum menikah dan masih berpikir cinta itu mengalahkan segalanya. 
Setelah sekarang saya baca lagi, saya senang Rana mengambil keputusan itu! Keputusan yang tepat! :) 

The Story. 

Dimas dan Reuben, pasangan gay yang sudah 10 tahun berhubungan, bekerja sama dalam menulis sebuah buku. Buku yang berjudul Ksatria, Puteri dan Bintang Jatuh. Buku ini bercerita tentang Re dan Rana yang saling jatuh cinta tetapi tidak memungkinkan untuk bersatu, karena Rana sudah menikah. Saat Rana dan Re hampir memutuskan untuk akhirnya bersatu, Rana pada akhirnya memilih suaminya yang sudah mendampingi dia selama ini. 

Re yang patah hati sangat, secara kebetulan bertemu dengan Diva Anastasia. Seorang model papan atas yang tinggal di depan rumahnya. 

Saat Dimas dan Reuben sedang mempertimbangkan nasib akhir Re dan Diva di buku mereka. Tanpa disadari, Re dan Diva mewujud dalam dunia nyata. Atau memang sudah ada. Entahlah mana yang benar. 

Yang jelas, mereka berkenalan dengan sosok Supernova di dunia nyata mereka. Hal ini membuat mereka terguncang. 

Saya pun terguncang karena merasa akhir buku ini terlalu mengada-ada dan terlalu magical. Ini maksudnya Diva apa sih?? Siapa dia?? Ini kenapa jadi gini deh akhirnya? 



Akar 

Membaca buku kedua ini lumayan refreshment dari guncangan dan rasa exhausted yang saya dapatkan di KPBJ. 

Lambat di awalnya lalu mulai naik intensenya di setiap bab, di sini saya kembali jatuh cinta dengan Supernova. Alur ceritanya yang backforward - flashforward menjadi andalan di buku kedua ini. 

The Story 
Bodhi, seorang Indonesia yang berguru pada guru Liong di wihara sejak kecilnya. Setelah cukup dewasa, memutuskan untuk melanglang buana. Perhentian pertama di Bangkok mempertemukan dia dengan Kell dan Ishtar. 

Kell yang ahli tato dan mempunyai 618 tattoo di seluruh tubuhnya berkata bahwa pertemuan dengan Bodhi sudah digariskan dan Bodhi akan membuat tattoo ke 619 di badan Kell. 

Ishtar, bule cantik misterius yang bermain tarik ulur dengan Bodhi. Keseksiannya membuat Bodhi tak berkutik pada saat Bodhi mentato Ishtar. 

Lalu pada saat yang bersamaan, keduanya menghilang. Berbekal uang hasil membuka jasa tato, Bodhi mencari Kell yang rumornya pergi ke Manila. Di saat mencari Kell inilah Bodhi melanglang buana...atau lebih tepatnya bolak balik Manila-Philipin-Bangkok. 

Menjadi pemetik daun ganja dengan bayaran ribuan dollar, bertemu dengan Luca sang ketua inisiasi perkumpulan ganja, dikejar-kejar oleh satu kampung di Manila karena disangka membantu buronan militer. Sampai akhirnya Bodhi bertemu dengan Kell yang sedang membantu sekelompok LSM untuk menjinakkan bom dan ranjau. Lalu Kell terkena ranjau dan Bodhi akhirnya menyelesaikan tato Kell ke 619 agar Kell bisa mati dengan tenang. 

Sepeninggal Kell, Bodhi kembali ke Indonesia dan mengasuh anak-anak punk bersama dengan Bong. Cerita hidup Bodhi menjadi inisiasi anak-anak asuhan mereka. 

Sampai suatu saat, Bodhi mendapat pesan aneh di warnet yang ditujukan untuk Akar. Pesan untuk segera menemukan teman-teman yang lain. Pesan dari S. 


Petir

Ini buku yang paling saya suka! Lucu banget gaya penceritaannya. Tiap buku Supernova sekarang punya gaya bercerita dan POV masing-masing. 

Apalagi tokohnya, Elektra adalah orang sunda. Ti Bandung euy. Ini bikin saya jadi mudah membayangkan Elektra berbicara dan nyeletuk ala-ala Sunda :)) 

The Story 
Elektra Wijaya, atau Etra. Sedari kecil sudah bersentuhan dengan dunia listrik. Hidupnya aman dan nyaman hingga semua berubah saat Wijaya meninggal dan Watti menikah dan pindah agama serta pindah rumah ke Papua sana. 

Elektra baru mulai berpikir untuk menata hidupnya. Secara bersamaan, Etra pun berkenalan dengan Ibu Sati, seorang konsultan tenaga dalam. Ibu Sati lah yang mengajari Etra agar Etra punya kekuatan untuk menyembuhkan dengan listrik. Ternyata Etra punya potensi itu selama ini. 

Ibu Sati pula yang memberi ide kalau Etra sudah menemukan jalan hidupnya, warnet. 

Berangkat dari situ, Etra akhirnya merekrut Miun, Tony atau Mpret dan Kewoy untuk membantunya membuka warnet di rumah besar peninggalan ayahnya. 

Berkat kemampuan Mpret yang hacker handal dan Kewoy yang paham banget bisnis warnet, rumah Eleanor tersebut berubah menjadi Elektra Pop, pusat nongkrong hits di Bandung dengan jasa segala macam ada. Ya warnet, distro, kafe, semua ada. Belakangan, orang-orang sudah mulai menerima kemampuan Etra menyembuhkan dengan listrik. Bertambah lagi satu jasa di Elektra Pop. Walaupun Mpret gak suka dan Etra sedikit menyimpulkan kalau itu karena Mpret naksir dia.

Hidup Etra sudah sempurna. 

Sampai ada pesan untuk Petir. Pesan dari S tersebut meminta Petir untuk mencari teman-temannya yang lain.


Partikel 

Hafyuhh. Gimana gimana? Akar dan Petir dan akhir setiap kisahnya udah mulai bikin blingsatan kan?  Saya sih yang blingsatan :)) 
Ada apa sih ini sebenernya?? Ngerti kalau sekarang mereka harus bersama-sama. Terus?? 

The Story 
Zarah sedari kecil dididik langsung oleh ayahnya, Firas. Firas yang tampan dan terpelajar, menjadi andalan di kampung di daerah Bogor. 

Lalu pada saat Firas tiba-tiba menghilang, semua orang menyalahkan Bukit Jambul. Bukit di pinggiran kampungnya yang terkenal angker.

Berhasil keliling dunia dengan tekad mencari Firas. Zarah dikhianati pacar dan sahabatnya di saat hidupnya sempurna. Pada saat yang bersamaan mentornya Paul berhasil mendapatkan petunjuk tentang orang yang mungkin dikenal Firas. 

Menempuh perjalanan ke ujung Eropa, Zarah bertemu Pak Simon. Orang yang memberi kamera pada saat Zarah kecil. Dan memulai proses inisiasinya dibantu oleh seorang syaman. 
Lalu mendapat pesan untuk Partikel. Zarah yakin pesan itu untuknya, Zarah Amala, partikel terindah. Zarah pun pulang ke Indonesia, karena di saat bersamaan kakeknya meninggal. 

Secara keseluruhan, buku ini paling kompleks dari segi cerita dan emosi! :) #melikeit

Saya ikut tegang saat Zarah menelusuri jurnal Firas dan menemukan kalau Firas sudah bertemu dengan alien. Ikut sedih dan menangis kejer saat Zarah harus berpisah dengan Sarah, orangutan asuhannya. Ikut senang saat Zarah tumbuh jadi gadis metropolis London. Bete sangat waktu pacarnya selingkuh (well, ini sih agak predictable ya, secara kok sempurna banget hidupnya Zarah).
Lalu tegang dan seram saat Zarah mengalami proses inisiasi. Bok ya saya bacanya pas sendirian di rumah, hujan pula. Lengkap deh. 


Gelombang 

Ini paling kerennn! Well, sekarang semua buku Supernova keren sih di mata saya heuheu. 
Di awal buku menceritakan tentang Gio dan Diva dahulu. Diva yang menghilang di pedalaman Mexico dan Gio mati-matian mencarinya. 

The Story. 
Ichon aka Alfa aka Thomas Alfa Edison Sagala, adalah anak Batak asli. Keluarga mereka pindah dari Sianjur Mula Mula ke Jakarta. Karena bapaknya ingin perubahan nasib untuk keluarga mereka, salah satu anak harus bekerja di Amerika. Alfa lah yang volunteer menerima beban itu. 

Lagi pula, semenjak kejadian upacara di Sianjur Mula Mula. Alfa sudah tidak bisa tidur lagi. Ada makhluk hitam dengan mata kuning yang akan masuk di mimpinya setiap ia tidur. Dan ia merasa makhluk itu akan merenggut hidupnya. 

Itulah yang membuat Alfa bertahan di Amerika. Bekerja dan mendapat beasiswa, Alfa tidak pernah tidur di malam hari. Ia hanya tidur satu jam-satu jam di sela-sela aktivitas siang. Malam hari ia belajar. Hal ini membuat ia sukses menembus Wall Street dan menjadi pialang sukses yang berkelimpahan materi. 

Hingga kemudian ia bertemu Ishtar. Lalu petualangannya berlanjut di Tibet dimana Alfa menemukan jati dirinya. 


Intelegensi Embun Pagi 

Waaaa Ishtar! Waaaa Gio! 
Ada apa sih ini sebenarnya?? 

The Story 
Peretas atau Harbinger adalah penjaga kesinambungan alam semesta. Setiap beberapa siklus, akan ada gerbang terbuka dan Peretas harus menjaga proses tersebut aman. Setelah itu, Peretas akan kembali reinkarnasi dan melupakan siklus sebelumnya. 

Infiltran, adalah penjaga Peretas. Mereka harus membantu Peretas menjaga keseimbangan alam ini. Immortal, punya ingatan penuh dan jaringan Infiltran dimana-mana. Sumber daya yang tidak akan habis. 

Sarvara, sekelompok immortal yang ingin menguasai siklus dan keseimbangan alam semesta. 

Di buku terakhir ini, akhirnya semua terungkap. Siapa yang menjadi Peretas, siapa yang menjadi Infiltran dan siapa yang menjadi Sarvara :) 

Ceritanya yang sangat kompleks dan mempertemukan semua tokoh dari buku 1 sampai buku 5. Repeat, SEMUANYA. 

Ini berarti semua main character, character pendukung sampai yang tadinya tidak kita perhitungkan akan kembali muncul di sini dengan porsinya masing-masing. Sebagai martir, sebagai sang penjaga gerbang, sebagai infiltran, sebagai sarvara. Sebagai apapun! 

Saya sampai terkejut-kejut dan sebal ketika setiap orang ketahuan identitas aslinya. Dammmmnn. Lalu akhir ceritanya... Mba Dee memberikan pukulan twist di setiap bab di buku terakhir ini. 

Walaupun setiap buku mempunyai kisahnya masing-masing, tidak akan utuh jika tidak dibaca dan dipahami semuanya. 
Misalnya KPBJ, Diva yang maha cantik dan maha membuat semua orang takluk. Ternyata punya alasan tersendiri di balik semua perbuatannya. Diva sang martir :") 

Lalu Ishtar, saya malah berbalik ngefans berat dengan chara ini dan ingin mendukung segala perbuatannya walaupun apa yang dia lakukan adalah salah. 

Itulah mengapa review bukunya gak bisa dipisahkan hanya per buku. Karena 6 buku ini merupakan kesatuan utuh. 

(inilah yang saya temukan di banyak review buku supernova, reviewnya tidak mencerminkan keseluruhan buku dan hanya judgement terhadapa Diva. Ini juga mungkin kesalahan filmnya yang terburu-buru diangkat bahkan sebelum keseluruhan buku selesai terbit. Filmnya berkesan nanggung dan hanya fokus di Dimas-Reuben. Review-review filmnya bahkan lebih parah, banyak yang menganggap Supernova 'hanya' kisah love affair biasa dengan keanehan sana-sini.) 

Ini mba Dee gak mau bikin spin-off atau sekuel/perkuelnya nih? :") 

Filmnya pun sepertinya harus dijadikan serial dengan penuh perhitungan matang macam GoT gitu, atau jika mau film lepas saja, model LoTR lah. Pokoke harus serius pemilihan pemainnya.

Inilah yang membuat kita, saya menuju part 2 review ini : Penokohan! 


Who You Think Most Suit Become? 

Akhir-akhir ini, berbarengan dengan passion membaca buku yang kembali saya nyalakan. Jika sehabis membaca buku, pasti saya langsung 'meng-casting' aktor/actress yang cocok memerankan chara-charanya. 

Termasuk Supernova ini :") 

Sampai saat ini, inilah beberapa nama yang sudah saya 'casting' dan saya anggap cocok memerankan chara-chara di Supernova. 

Zarah Amala 
Zarah itu cantik, tapi tidak sadar dirinya cantik. Photographer lepas sekelas NatGeo, urban lady, berhadapan dengan singa di gurun Afrika adalah pekerjaan sehari-harinya. 

Siapa lagi yang cocok jadi Zarah selain the gorgeous Eva Celia! *.*

pic taken from Eva Celia IG

Duh Eva cantik bangettttt.... pasti pas banget meranin Zarah yang selalu mencari dan mencari tapi tumbuh menjadi urban lady di London. 

 
pic taken from Eva Celia IG

And this picture membawa kita kepada, Arifin Putra as Gio! Zarah Amala soulmate. Hahaha. 

Code Name : Kabut. Gio yang menghamba kepada Diva Anastasia selama bertahun-tahun, seorang traveler yang gak pulang-pulang dan kelamaan di Meksiko menjadikan dia mirip latin. Sang Chawpi Tutta, penyuka kabut di danau. Rela berminggu-minggu menempuh bahaya hanya untuk mencari Diva. Tapi kemudian setelah kepergian Diva akhirnya bertemu Zarah soulmate sejatinya dan bersama-sama menempuh bahaya untuk menyelamatkan dunia. 

Arifin sebenernya sudah berperan sebagai Reuben di film Supernova, tapi saya rasa dia cocok banget meranin Gio ini. Apalagi sekarang actingnya dia kan semakin berkembang. Supernova pun harus reborn! Saya yakin deh, kalau Gio's scene pada saat first time making love dengan Diva pasti cocok banget dengan ekspresi mukanya. Sama cocoknya ketika Gio melindungi Zarah pada saat pertempuran! Sukaaa... 


pic taken from Eva Celia IG 

Ini membuat Indra Lesmana pun cocok sebagai Firas, Code Name : Murai. Ayah dari Zarah Amala yang selalu dikejar bayangannya oleh Zarah, Sang Martir yang dianggap gila karena mempertahankan keyakinannya. Pelindung gerbang Bukit Jambul. Siapa lagi coba yang cocok jadi Firas! 

Berlanjut ke Alfa. Pria berdarah Batak yang sukses menjadi pialang Wall Street sukses di NYC, matang, jadi incaran cewek seksi seluruh dunia. 
Well, saya hanya bisa memikirkan satu nama : Marcel Siahaan himself! The lovely ex-husband of Mba Dee gituhh. 

 
pic taken from Marcel IG

Alfa punya geng pria gila dan selalu memanfaatkan kekayaannya Alfa dan Alfa ikhlas. Lagipula, Alfa menanggung seluruh beban berat sendirian. Tanggung jawab menyelamatkan dunia. 

Kalau ada tambahan scene Alfa dengan Ishtar, pasti cocok banget.  

It bring us to Ishtar. 
The evil lady. Penuh tipu daya, the Sarvara queen. akan melakukan apapun demi tercapainya tujuan. Tapi kemudian kita tahu bahwa tujuannya itu Alfa, her eternal soulmate. 

   
pic taken from Mariana Renata IG

Gak ada yang lebih pas lagi meranin Ishtar selain Mariana Renata ini! Or Mariana Dantec now. 

Ishtar itu cantik, seksi, penuh tipu daya. Tapi sangat takut kehilangan Alfa. Sarvara terkuat diantara semuanya. Well, 2 pic di atas sudah cukup menggambarkan sisi rapuh sekaligus sisi feminim leadnya. 

Ini menjadikan kita akan membahas cewek cantik yang seimbang dengan Ishtar yaitu Diva, Code Name : Bintang Jatuh. 

Cantik luar biasa, mampu menundukkan puluhan laki-laki di bawah kakinya. Literally. Seseorang yang punya hidden agenda sehingga menjadikan ia misterius. Pemimpin gugus. 

Welcoming to Mariscka Prudence as Diva! 

    
pic taken from Marichka IG

Diva adalah wanita yang akan terbangun di pagi hari dan memikirkan kembali semua rencananya. Siap berkeliling dunia dan rela mengorbankan gugusnya untuk kemenangan yang lebih besar. Rela menjadi martir dan di cap pengkhianat. 
Sangat Mariscka sekali :") 

Well Mariska juga belum pernah berakting, sama kaya Paula Verhoeven yang meranin Diva 2 tahun lalu. Tapi supposed to be, Mariscka cocok banget as Diva. Karena Diva tidak menikmati dirinya cantik dan dipuja. Diva mempunyai tanggung jawab besar sehingga harus menawarkan kesepakatan dengan Alfa. Dan saya yakin, jika ada lanjutannya, Alfa pasti disuruh memilih antara Diva atau Ishtar. Dan ini sangat Mariska banget. 

And last, for now :) 
soalnya belum kepikiran lagi untuk chara-chara yang lain. 

My favorite couple Elektra & Tony, duo Peretas yang hacker. The hacker of Hacker, hahaha. 
Saling naksir tapi gak mau ngaku.  

Tadinya saya pusing banget mikirin siapa yang cocok jadi Etra ini. Soalnya Elektra itu cantik tapi Bandung nan Sunda abis. Kaya, tapi pelit karena tahu dia sekarang hidup sendirian. Nyaman dengan hidupnya karena punya Toni, Kewoy dan teman-temannya yang support Etra jadi business woman. Terutama Tony aka Mpret.  

 

Tapi akhirnya pilihan jatuh juga sama neng Shandy Aulia ini. Etra yang hobinya tidur tapi tetep langsing soalnya makannya cuma sekali sehari sama ceplok telor. Elektra yang Cina Bandung yang akhirnya jadi hacker handal. Kaya raya akibat bisnisnya dan mempunyai kemampuan telekinetis mengendalikan listrik dan petir. 

Diserahi tanggung jawab membunuh Alfa karena Alfa berhasil dipengaruhi Ishtar. Walaupun tadinya Etra merasa tidak sanggup, tapi Tony ada disampingnya memikul tanggung jawab itu berdua. 

 


Tony Mpret yang selalu support Etra, mempunyai nama keluarga Fernandez dan seorang hacker bayaran andal. Pengelola server Supernova. Code Name : Peretas. Kaya raya dari hasil bayaran hacker. Anti kemapananan.

Keponakan Dimas. Anggota gugus Diva yang dikorbankan oleh Diva lalu menebus dosa gugusnya dengan membantu gugus Alfa. 

Shandy dan Fauzi Baadila cocok banget dengan scene saat mereka sadar saling naksir dan logat SUNDA. 

"saya pikir teh, kamu naksir saya" 

"saya pikir kamu yang naksir duluan.." 

Melengos. 

"emang mau punya pacar seorang hacker?" 


akkkkk akkk akk! sebelum saya ngefans Ishtar, couple ini favorite saya. 

And done for now. 

Begitulah, kamu punya nama yang cocok untuk memerankan chara yang lain? 

Resmilah saya menjadi aDEEction. Mba Dee Lestari sukses menelurkan Supernova, bintang yang meledak.




4 comments:

  1. Lengkap informasinya,
    kenapa hurufnya kecil ya Mbak, bacanya jadi harus mengernyitkan dahi?
    terima kasih dan salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo salam kenal juga ;) wah, kalau tulisannya kecil rasanya sy gak setting kecil sih.terima kasih inputnya

      Delete
  2. karyanya Dee memang luar biasa ya. Aku pingin punya, ngumpulin anggarannya dulu ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat mengumpulkan :) aku aja belum punya baru pinjam saja

      Delete

Pages