Menulis adalah caraku mengabadikan pengalaman agar tak lupa dari ingatan. Ini adalah rumah mayanya D dimana D nyaman memperlihatkan isinya. Blog ini berisikan tentang kehidupan D. Mix and fun. Macam-macam. Pemikiran saya. Kejadian sehari-hari. Review film, buku, tempat. A box of chocolate.

Saturday 18 February 2017

4 Restoran dengan Makanan Sensasi Korea


"Eating well is a form of self respect"

Budaya Korea yang dibawa oleh pariwisata dari negeri Ginseng ke seluruh Asia beberapa tahun ini sukses membentuk generasi yang biasa dikenal dengan Kpopers. Termasuk makanan Korea yang meluas diterima dimana-mana. Kebetulan, makanan Korea itu sebetulnya lebih kaya rasa dibanding makanan Jepang. Kalau makanan Jepang lebih mengutamakan bahan utama dan irit bumbu karena rasa dari bahan utama akan lebih diresapi pada saat makan. Korea itu sebenarnya mirip masakan Indonesia yang memakai lebih dari 4 sampai 5 bumbu untuk satu masakan. Walaupun bumbunya juga bertolak belakang dengan lidah Indonesia. Pertama kali mencoba masakan Korea pasti agak-agak mengernyit 'weird

Well, buat saya yang suka makan dan menganggap hanya ada 2 jenis makanan di dunia ini : enak dan enak banget. Apapun saya makan sih. 

Karena itulah, saya sampai sejauh ini sudah mencoba beberapa restoran Korea yang ada di Jakarta. Dan jadinya lumayan hapal dengan jenis makanan Korea. 

Bulldak 

Ini makanan favorit saya! Inti dari masakan ini adalah ayam tanpa tulang (biasanya dada fillet) yang dibumbui dengan saus khas Korea gochujang. Lalu dipanggang atau digoreng dan disajikan dengan lelehan keju. Mmmmmhhh. mamamia rasanya! 

Bimbimbap 

Makanan ini sebenarnya bisa dibilang nasi campur gitu deh. Mungkin kalau di sana ada warteg, yang dijual ya beginian :)) 

Karena nasi campur, kita sebenarnya bisa nyampurin apa saja sesuka kita. Yang pasti saus pasta, minyak wijen dan bawang putih jangan sampai lupa. Biasanya campurannya ada sawi, toge, wortel, dan yang paling the best : telur setengah matang dituang di atas nasinya. Daebak! 


Japchae 

Errr, ini sebenarnya bihun atau soun goreng gitu sih. Tapi entah kenapa kalau makan Japchae campur nasi tuh enak banget! Saya rasa kekuatan bumbu bawang putih di masakan Korea jadi koentji. 


Omurice 


Masakan ini ada juga versi Jepangnya kok. Dan namanya omurice juga. Ini adalah nasi goreng campur sayuran, biasanya wortel yang dipotong dadu kecil-kecil, dan dibungkus dengan telur dadar super tebal. Pas buat sarapan. 

Kimchi 

Ini salad khas Korea yang super segar tapi juga sekaligus super asam! Saking khas Korea, kalau berkunjung ke negerinya. Tidak boleh dilewatkan kursus kilat membuat kimchi ini sambil pakai hanbok (pakaian tradisional Korea). Banyak yang kurang suka dengan kimchi ini karena rasanya yang super asam. Tapi menurut saya, takarannya harus pas saja sih. Dimakan dengan mie kuah hangat, wuahhh super enak rasanya. 

Kimbap

Sushi roll-nya Korea. Karena ini sushi, jadi tengahan nasinya bisa diisikan apa saja. Mau sayuran tok, atau pakai irisan daging. 

Korean BBQ 

Kalau sering nonton drama Korea, pasti hapal dengan makanan ini. Kalau karakternya lagi galau, pasti nongkrong di warung-warung soju disana yang, kayaknya mirip alpamart di sini deh yang tiap jengkal ada :)) 
Di sana bbq dijadiin cemilan macam keripik kentang gitu lah kayaknya! Makan dagingnya harus dicelup bumbu dulu terus di-wrap pakai lettuce. Nyam! 

Banchan 

Ini maksudnya side dish dalam porsi kecil-kecil yang disajikan di sebelah nasi, biasanya. Jadi sekali makan, kita bisa makan beberapa side dish sekaligus. Isinya macam-macam, bisa sup tahu, kimchi juga termasuk, ada japchae juga, ada juga cuma bayam atau toge tok yang ditumis gitu aja pakai minyak wijen. Tapi tetap enak. Kuncinya adalah sayuran yang super segar. Berasa masuk ke hutan lindung tropis gitu kalau makan banchan-banchan-an ini, saking segarnya sayurannya terasa. 

Dengan pengetahuan yang lumayan ini, jadinya restoran Korea yang menyajikan Korean food di bawah ini wajib dicoba. 

Jeans Chilli Chicken.



All time favorite! Karena resto ini juga yang bikin saya suka banget dengan bulldak, sampai sedia stok gochujang di rumah karena siapa tahu mau bikin bulldak sewaktu-waktu. 

Khas dari resto ini adalah kita bisa pesan rice ball dan menu cheese chilli chickennya. Rice ball nya itu campuran nasi dan nori (rumput laut) yang sudah diberi bumbu khas. Terus nanti kita dikasih sarung tangan plastik dan gunting. Karena nanti kita akan mencampur si nasi ini dengan guntingan ayam sesuka kita. Wuaahhh, daebak banget rasanya. 

Posisi restoran ini ada di Gandaria City lantai 2 mezanine. Sampai hapal coba! :D 
Ya habis, kalau lagi ke GanCit dan sudah jam makan siang / malam, pasti pilihnya resto ini. Soalnya tempatnya juga cozy banget. Gak pernah terlalu ramai. Selalu teratur aja gitu yang datang ke resto ini. Dan gak pernah yang sampai bikin kuping pengang saking ramainya. Mba-mba nya juga super cekatan dan cepat kalau mau bantuin pesanan kita. 

Di resto ini saya juga sempat beberapa kali mencoba egg roll dan menu lainnya. Enak-enak semua, gak mengecewakan. Egg roll itu telur dadar gulung super tebal yang dibuat agak melt gitu, Enyaaak. Terus menu sup-sup di Jeans Chilli ini ini enak semua. 

Cup Bop 

Resto ini letaknya masih di Gandaria City juga. Terletak di basement, satu lantai dengan Lotte Mart. Resto ini lebih mengedepankan fast food ala Korea. Walaupun fast food, tapi rasanya juga tetap OK kok. Interiornya juga menarik. 




Interior Cub Bop yang instagrammable banget! 


saya pesan bibimbap on the go gitu. 
Tapi dikasih topping buldak dan dapat tambahan side dish lobak. 
Pesan menu tambahan gyoza ala Korea. 
Dimana, gyoza nya ini digoreng garing jadi kulitnya renyah gitu saat dimakan. 
Total harga dengan tambahan minum jus tomat, kurang lebih 70rb. 

Koba BBQ

Restoran Korea ini adanya di Living World Alam Sutera. Lumayan jauh ya bok, jadi makan ke sini kalau sekalian lagi butuh ke IKEA atau penghuni BSD - Bintaro sana bisa sering-sering ke sini. 

Walaupun namanya Koba, alias Korean BBQ. Tapi menu yang disajikan komplit dan bukan hanya bbq nya saja. Pastinya BBQ menu di sini jadi juaranya. Kita bisa dapat banchan di sini. Terus bisa pesan bibimbap juga, dimana nanti kita akan diminta mencampur sendiri bibimbapnya dengan cara menggoyang-goyangkan nasi dalam wadah kotak tertutup gitu. Goyang teruus! 


dapat banchannya komplit! 


Dan yang pasti, pilihan dagingnya juga banyaaak. 
Nanti di pinggir pinggannya itu dikasih keju 
jadi akan selalu melted dan siap untuk dicelup

pilihan dagingnya mulai dari wagyu sampai tenderloin.
daebak!

dessertnya bisa milih juga. Eskrimnya punya 2 pilihan rasa. 
Thai tea atau coklat. 

Yoogane

Sebenarnya, konsep resto ini mirip dengan resto Korea yang lagi naik daun, Ojju. Tapi entah kenapa yang terdengar gaungnya dan secara massive buka cabang dimana-mana itu Ojju. 

makannya harus panas-panas biar bisa dicelup ke melted cheesenya


Menunya yaitu makanan Korea yang dicelup dengan melted cheese yang disajikan bersamaan. Letak resto ini di Lotte Shopping Avenue lantai 3, kalau tidak salah. 


Sebenarnya masih banyak restoran Korea lain selain yang sudah saya sebutkan di atas. Salah satunya sudah saya sebutkan yaitu Ojju yang sedang naik daun itu. Kalau saya perhatikan, cabangnya sudah ada di Kota Kasblanka dan ada di...Gandaria City again! hahaha anak gancit banget nih dit? 

Kamu suka makanan Korea yang mana gaes? Share di comment ya! :) 

xoxo
D






7 comments:

  1. Tempat fav aku tetep resto di dalam supermarket mu gung hwa :D cozy, murah trs dimasak sama ahjumma korea beneran. Cobain deh mbak kapan kapan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. belom pernah nyobaaaaa :D sip, makasih ide dan sarannya mba. Saya pasti nyobain, maklumlah...doyan makan hehe

      Delete
  2. Wah yang dicelup ke melted cheese itu bikin pengeeeenn :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. luar biasa banget sih *pagi2 jadi laper* makanan kalau dikasih melted cheese jadi super enak ya :)

      Delete
  3. Yoogane nih yang menjadi pilihan saya karena ada di KoKas. Kalau GanCit jauh banget :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga ke gancit kalau lagi ada meeting aja hehehe

      Delete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

Pages