Menulis adalah caraku mengabadikan pengalaman agar tak lupa dari ingatan. Ini adalah rumah mayanya D dimana D nyaman memperlihatkan isinya. Blog ini berisikan tentang kehidupan D. Mix and fun. Macam-macam. Pemikiran saya. Kejadian sehari-hari. Review film, buku, tempat. A box of chocolate.

Sunday 1 April 2012

Mushala #GerakanMukenaBersih



Tiba-tiba saya teringat #GerakanMukenaBersih yang diprakarsai Mba Asma Nadia. Jadi gerakan ini memprovide mukena layak dan bersih untuk musala-musala di Jakarta (saat ini baru di Jakarta dulu saja). Dan terkadang meminta kita untuk share musala di mana saja yang butuh mukena. Terlebih, kalau di mall gak ada mukena layak pakai. Boleh di share infonya ke #GerakanMukenaBersih. 

Nah...terkait postingku sebelumnya tentang mall, jadi pengen share musala-musala di mall mana aja yang oke dan yang belum oke. Tentu saja semuanya ini pendapat pribadi :)

1. Grand Indonesia.
Oke deh. Gak kebanting sama mall nya yang emang ditata apik dan interior oke (baca :mewah). Terletak satu lantai dengan Food Lovers (food court GI) Saya lupa itu ada di lantai berapa dan west mall atau east mall nya GI. yang jelas, musalanya cukup luas. Pelayanan mukena dan penitipan barang bagus. Karpet tebal dan wangi. Bisa sebagai tempat mengademkan diri kalo udah makan. :)

2. fX Sudirman
Musala terletak di lantai paling bawah. Adem. Tanpa karpet. Tapi enak, jadi langsung bersentuhan dengan lantai yang dingin :) . Mukena bersiiiiiiiihhhh dan paling wangi. Entah pake pewangi apa. :) Tapi agak sedikit kecil. Paling ukuran saf nya 3 baris x 5 kolom (kira2) .Kalo shalat magrib pasti penuh dan antri dehh... tempat wudunya juga sempit.

3. Plaza Indonesia
Ukurannya kira-kira 2 kali lipatnya di fX deh.. tempat wudu memadai. Dari tempat wudu ke musala ada ruangan perantara buat dandan atau betulin kerudung dengan kaca di kedua sisinya. Karpet nya biasa aja. Tingkat keademan juga biasa aja. Mukena bersih tapi tidak wangi. Enak.

4. Gandaria CIty.
Luas, tempat wudu luaaasss... Kursi tempat nunggu banyak. Karpetnya biasa aja. Dan ruang perantaranya gak pake karet bolong-bolong itu loh. Jadi awas jatoh, kalo abis wudu kan kaki kita pasti basah. (like my friend did LOL). Mukena bersiiih, tanpa wangi. Terletak di lantai 3 kalo gak salah.

5. Blok M Plaza
Tempat, luaaaaaasssss dan berangin LOL adanya di parkiran lantai 5. Jadi terkesan manajemen gak peduli soal musala. Untung ada yang jagain dengan nyediain bakiak dan tempat penitipan barang. Mukena, agak sedikit kurang yakin sama kebersihannya. Karpet, karpet hijau yang biasa itu loh. Dan sebenernya itu parkiran kali ya.... cuma dikasih sekat tirai dan gorden saja.Tempat wudunya cuma 2 kran, dan toiletnya sempit. Kalo magrib sangat antri sekali. Mudah-mudahan ke depannya diadakan musala khusus oleh pengelola gedung.

6. Epicentrum Walk
Juara nih, hampir sama kaya GI model musalanya tapi lebih luas satu setengah kali lipat. Tapi karpetnya tebelllllll bangetttt... enak dehhhh.... pasti berasa pengen tidur mulu kalo ke sini. Mukena bersih, gak wangi tapi ada something... apa ya.. kehangatan lah berasa...Gak ada penjaganya kadang-kadang, tapi rak tempat sepatu guede. Jadi kalo self-service pun okeh.Terletak di lantai 3.

hmmm... apa lagi ya,Sency...hmmmm yang lainnya lupa. XD Nanti kalo sudah ingat atau ada tambahan lagi, list ini akan saya tambah :)

Oiya, kalo di Bogor sayangnya musala masih dianaktirikan. Seandainya disediakan musala pun, gak terurus. Rata-rata seluas yang di fX luas musalanya. Mukena gak bersih dan gak wangi. (yakin banget)

#GerakanMukenaBersih

No comments:

Post a Comment

Pages