Menulis adalah caraku mengabadikan pengalaman agar tak lupa dari ingatan. Ini adalah rumah mayanya D dimana D nyaman memperlihatkan isinya. Blog ini berisikan tentang kehidupan D. Mix and fun. Macam-macam. Pemikiran saya. Kejadian sehari-hari. Review film, buku, tempat. A box of chocolate.

Thursday 29 December 2011

#CitraGoesToJapan – Chapter One : TheTraditional One

Previous : The Story Begin

Seperti udah dibilangin ke kita sebelumnya, trip ini bakal ngeliat jepang dari 2 sisi. Sisi tradisional dan sisi modern. So, sesuai schedule, kita masuk ke Jepang lewat Osaka.

18 Desember 2011

Nyampe Kansai, Osaka pada  18 Desember 2011 jam 2 JST langsung naek bis menuju Kyoto.

Oiya, gw mau mundur sedikit. Pas hari H keberangkatan, gw pun baru pulang dari Padang malemnya, alhasil rencana re-packing gw pun molor karena pas hari sabtunya baru sempat packing. Gak sempet beli boots.Gak sempet beli makanan atau apapun buat dibawa di sana. Pokoknya packing, semua masuk koper, beres perkara.

Alhasil, pertama kali nyampe bandara Kansai sempet berpikiran “ahh, gak dingin-dingin banget kok. Masih kaya di puncak ini mah”  dengan pikiran seperti itu gw pun keluar dari pintu bandara menuju bis jemputan.

Dan membeku. LOL

Gila booookkkkkkk, gak ngerti itu berapa derajat! Gw cuma pake jaket biasa, mantel masih di bagasi gak mungkin diambil saat itu. Langsung ada adegan loncat-loncatlah kita semua biar badan agak keringetan. Untungnya bisa langsung naek ke bis yang hangat.

Di bis, baru berasa yang “yeayyyyy!! Finally!!! Japannn!!!"  Semuanya juga berasa euforia seperti itu. So selama perjalanan 2 jam Kansai-Kyoto, kita memulai perkenalan lebih lanjut lagi dengan semua 15 orang itu... well, feels want to screaming!!! Japaaaaaaannn!!! Pengen gw pelukin satu-satu tim dari brand, ciium satu-satu gitu!

Arigatou gozaimasu!

Sambil dengerin juga penjelasan dari Rita-san, tour guide lokal. Jadi kita dikasih 2 tour guide, dari Bayu Buana itu Mba Dinda. Sama Rita-san. Dimana Rita-san juga sebenernya orang Indonesia, tapi udah 20 tahun lebih tinggal di Tokyo.

Nyampe Kyoto sekitar jam setengah 5an. Rita-san bilang kalo di sini itu matahari terbenam adalah jam 5an. Saat Rita ngomong gitu, pas juga dengan keadaan yang mulai turun gelap. Jadi kita memasuki Kyoto dengan keadaan twilight. Berasa banget langsung aura tradisionalnya.

Kota tradisional yang sengaja dipertahankan bentuk aslinya, karena emang diperuntukkan buat pariwisata. Penduduknya cuma sekitar 18ribu orang. Tapi walaupun kota tradisional, sebenarnya berteknologi modern. Jadi boleh dibilang, tradisional yang “menipu”. Rumah2nya udah anti gempa 9 skala richter (katanya). Dan gw ngeliat dengan mata kepala sendiri apa yang selama ini cuma gw baca lewat artikel : Garasi yang bisa keluar masuk otomatis. Sama teras otomatis juga. Sayangnya gak sempet foto.

Kita langsung ke Distrik Gion, buat ngeliat pertunjukan Maiko aka Geisha pemula di Takashimaya. Ada hal lucu nan penting yang gw inget dari penjelasan Rita-san. Tentang perbedaan cara berpakaian Maiko dan Geisha yang sudah berpengalaman. Gak inget detail ceritanya seperti apa, yang jelas, bagi orang awam pun sebenernya akan terlihat cara berpakaian Maiko. Maiko akan bermuka putih, menandakan dia masih pemula. Well sebenernya sih Rita-san menjelaskan kalau Geisha bukanlah wanita penghiur. Tapi lebih ke pekerja seni tingkat tinggi. Tapi ya somehow, jatohnya lebih ke wanita simpanan. Hanya melayani satu petinggi saja. Atau kalau di perusahan, hanya mau sekelas direktur saja.

Well, di Takashimaya ngeliatnya komplit, Ikebana, Upacara minum teh, kabuki, plus liat maiko dancing.

Selesai nonton pertunjukan di Takashimaya, kita langsung menuju ke resto di derah  Gion situ juga. Wuahhhh, udah sehari semalem gak makan secara bener. Karena di pesawat kan cuma dikasih makan gitu-gitu doang gak jelas. Terus ini kita langsung dikasih makan steamboat pulak! Cocok banget ngusir dingin. Nama restonya lupa, tapi katanya itu sumo-sumo terkenal pada makannnya disitu.

Restonya sih sumpeh sempit, tapi bener asli tradisional banget ^^. Udah gitu, pencuci mulutnya dikasih Macha Ice yang eeeennnnnnaaakkkk banget! *slurrrp*. Jadi Macha ice itu adalah ocha (green tea) yang dijadiin es krim. Ini macha ice nya serba pas, pahitnya pas, manisnya pas, sampe kentalnya juga pas. Besok-besok kita makan Macha ice juga, tapi gak seenak yang ini. Usut punya usut, ternyata katanya resto ini emang terkenal di Jepang katanya gara-gara Macha ice nya yang spekta ini.

(p.s. karena saya pun diceritain, makanya kayanya kata “kayanya’ bakal sering dipake)
Pulang ke hotel, alhamdulillah dapet tidur jugaaa.... just cant wait for tomorrow!

19 Desember 2011

Its a temple day everybody..... dapet morning call jam 7. Ngerusuhlah dalam waktu sejam. Padahal sekamar udah dapet berdua, entah kenapa rusuh juga. Mandi plus ngepack tas lagi karna mau pindah hotel lagi ntarnya. Let the temple day begin....

Kunjungan pertama ke Kiyomizu temple.  Konon dulu kaisar (lupa kaisar siapanya) lagi memperluas daerah kekuasaan. Dan suatu waktu, bertemu dengan Biksu di daerah pertapaan.  Singkat cerita, kaisar itu mau bertapa dan meninggalkan dunia. Nah di daerah pertapaan itu tersebutlah mata air, dan dijadikanlah kuil seperti sekarang ini.

Kiyomizu itu berasal dari mata air (Mizu = air). Dan kuilnya ini masih termasuk keajaiban dunia katanya, karena dibangun tanpa sebuah paku satupun. Hanya papan-papan kayu yang dirangkai sedemikian rupa hingga kokoh.

Untuk melihat keseluruhan kuil, kita harus menanjaki tangga kalau mau seluruh kuilnya ditelusuri. Oiya, ada satu keunikan disini. Kiyomizu Temple ini adalah Kuil agama Budha, tetapi didalamnya ada kuil agama shinto kecil. Jadi benar-benar kuil dalam kuil.

Di kuil shinto ini ada love stone, batu berpasangan. dimana katanya kalau kita menyentuh batu pertama dan berjalan menuju batu kedua sambil memejamkan mata plus mengingat wajah pujaan hati, bakal jodoh katanya.

Puas foto-foto di Kiyomizu, lebih tepatnya foto colongan. Karena Rita san ngejelasin sambil jalan. Jadinya foto-foto pun dilakukan sambil jalan =)) Siapa aja yang ada di sebelah langsung disodorin kamera buat foto narsis. Disini langsung ketauan dan dapet temen narsis gila, mba oliph ama niken. LOL

Abis di Kiyomizu, sepanjang jalan menuju tempat parkir adalah toko macem-macem! Ya suvenir, makanan terutama mochi...slurrrpp wangi manis mochi mengambang di udara. Udah gitu bentuk mochinya unik, segitiga gitu. Icip-icip gak beli mochi aja udah puas haha.. mengenai icip-icip ini, ada satu toko khusus mochi yang guedee disitu dari ujung ke ujungnya bisa nyobain mochi sepuasnya. Tentu aja dengan trik. Yah.. untung di rombongan kita ada yang borong juga, lumayan lama nongkrong dan nyobain mochi disana :D

Dari Kiyomizu, ke Golden Paviliun Temple. Ini temple nya gak musti nanjak-nanjak, Cuma ada di dataran luas gitu.

Sebelum lanjut ke kuil yang terakhir, Fushimi Inari, kita isi perut dulu makan tempura yang enaak banget dan resto nya eksklusif. Kayanya kita juga sekalian dimanjain wisata kuliner deh... Arigatou Citra-san =)

Abis makan, lanjut ke Fushimi Inari, disini waktunya lebih sempit cuma dikasih waktu sejam, itupun sambil jalan, ngasih penjelasan dan foto-foto superkilat. Karena musti ngejar ke Nagoya sore ini juga. Ke Nagoya itu sendiri cuma transit malemnya. Yang dikejar adalah jam kerja driver bus yang musti tepat waktu kalau gak mau kena denda.

Dan tour hari ini pun selesai. Kami berangkat menuju Nagoya untuk bermalam.....

20 Desember 2011

ini lambang kota Nagoya sebagai pusat industri,
dilambangkan dengan besi spiral berputar

Di Nagoyaaa.... pagi-pagi abis sarapan nyempetin kebut jalan2 sekeliling hotel. ^^

Saya excited banget sebenernya di Nagoya ini, karena katanya kota industri dan pabrik Toyota ini berada di sini. Sebagai anak teknik industri yang dulu jaman kuliah dicekokin Kaizen-nya Toyota sekarang berada sangat dekat dengan Toyota it-self!!! *joget shinchan*

Sayangnya gak ada kunjungan gitu ke pabrik Toyota. Menurut ngana??
Karena di Nagoya ini cuma numpang bermalam doang buat pagi-paginya berangkat ke Hakone, Kawaguchi Lake dan Gunung Fuji!

Sebelum ke Fuji, kita nyobain naek shinkansen dulu. Dari hotel tempat kita nginep, Nagoya Castle Plaza Hotel tinggal jalan kaki ke Stasiun JR Nagoya. Kata Rita-san sih ini stasiun tertinggi di dunia. :)

Naek shinkansen nya yang jenis paling lambat, Kodama. Disini sempat ilang timbul sensasi naek Shinkansennya. Well, mungkin dikarenakan saya pun anak kereta yang udah 6 tahun naek kereta. Atau mungkin karena naek yang lambat gitu ya. saa... anyway, ini shinkansen my meeennnnn.

(cuma nyobain 1 stasiun doang dari Nagoya ke Mikawa anjo, tapi lumayan lama nongkrong di stasiunnya. Sambil nungguin shinkansen jenis Nozomi lewat)

Di Mikawa anjo kita dijemput lagi pake bis. Dan lanjutin jalan ke Fuji sodara-sodaraaaaaaaa!

Sekitar jam 9 pagi berangkat dari stasiun Mikawa-anjo, sepanjang perjalanan kita sempet karaokean dulu... pada mati gaya sih, antara pada cape tapi pada pengen cepet nyampe juga dan sedikit gak join acara karaokean, karena pemandangan di luar bis pun super.

Hamparan perkebunan green tea. Jadi ya sekali-sekali ngelirik dan foto-foto pemandangan. Untungnya ada Mas Iwa yang ngocol abis, nyanyi geje dengan pedenya.

Saya sama Gilly sih udah liat-liatan, semacam kode gitu kalau kita mau karaokean lagu idol masing-masing. Saya cari lagu arashi (yang gampang dinyanyiin), gilly nyari kattun. Ceritanya mau mengeluarkan jurus maut kita bersuara serak-serak gimana gituuu...

Untunglah belom sempet juga kita keluarin jurus kita, dan Fuji-san pun udah terlihat nun jauh di depan sana. Seneng bangeeeeeettt.... bener-bener gak percaya kalo kita akhirnya nyampe ke Fuji!

Acara karaoke pun langsung berhenti sendirinya, Rita-san pun langsung panjang kali lebar menjelaskan tentang Fuji. Bahwa Fuji ini adalah seorang Lady. Tentang sejarahnya. Terus nyuruh kita berdoa agar perjalanan lancar. menurut kepercayaan masing-masing aja. Karena sebenernya ini udah mulai masuk musim salju, dan dikhawatirkan  kita udah gak boleh naek ke Fuji-yama ini.

Huhuhu untungnya dari hari pertama pun, gw dan rombongan yang muslim selalu gak pernah ketinggalan solat. Walaupun hari ke empat ini gw halangan, tapi kemarin-kemarin nya pasti selalu solat walaupun di bis dan tayamum-an. Sempet khawatir banget karena gw lagi halangan. Entahlah apa hubungannya. Entah kenapa aura magis yang dikatakan Rita-san tuh berasa nular banget.

Pas jam 1 siang lebih, kita berhenti makan dulu di Kawaguchi Lake. Restonya oke banget. Menghadap ke Danau Kawaguchi sambil makan. jadinya suasana makannya asik banget walaupun bumbunya kurang yahud.

(fuji yang udah mulai keliatan dari bis)

(Makan dengan latar kawaguchi lake)

Habis makan langsung menuju Fuji! Deg-degan pun dimulai, kita semua beneran berdoa semoga masih bisa naek ke tingkat 5. Level tertinggi yang bisa dicapai bus. Mana Rita-san cerita lagi, kalo kita bener2 harus nepatin jadwal banget kalo di Fuji-san ini. Jangan molor kaya sebelum-sebelumnya. Karena jam 4 teng, udah ditutup pintu gerbangnya.

Dan pernah, kebetulan (?) rombongan Indonesia ada yang bandel, ampe jam 4 lewat masih diatas. Alhasil, rombongan itu terpaksa nginep semalaman di bus dengan kelaparan pastinya. Di tengah serangan badai salju pulakkk.. Gak tau ini cerita diceritain sama kita biar kita nepatin jadwal mungkin? Karena dari kemaren2 kita pasti ada molornya, dan kalo udah molor gitu mukanya Rita-san sama Mba Dinda tuh udah berkerut-kerut.. berat juga ya tanggung jawab tour guide. Gomen ne, Rita san.

Oke balik lagi ke Fuji, sambil naek ke atas ada telepon masuk ke Rita san mengabarkan kalo kita bisa naik ke level 5! Yeayyyyy, Alhamdulillah... Yokatta ne, Fuji-san here we come!

Naek ke level 5, turun bis, beli oleh-oleh, foto sana sini, dan saya sempet-sempetnya jatuh! wkwkwkwkwkwkwk.

Dikarenakan gw gak pake boots, alhasil jalan di saljunya licin karena saya cuma pakai sepatu biasa. Maluuuuuuuuuu sangat sodara-sodara. Mana sakit lagi lutut yang jatoh. Tapi gw tahan-tahanin demi liat wajah mba Dinda yang khawatir sangat (errrr.. actually, nahan-nahanin demi menanggung rasa malu LOL)

Kunjungan ke Fuji ini  sangat-sangat kilat demi mengejar gerbang yang mau tutup. Tapi P.U.A.S. pertama, salju. Kedua, fuji. Can mention anymore? ^^

Oiya, di pertengahan menuju gerbang awal kita nyoba dengerin lagi lagu welcome song yang katanya ada di jalan. Jadi ada sensor yang akan nangkep gerakan bis dan memutarkan lagu itu. Tapi karena gak kedengeran sama sekali. Hmmm sepertinya rusak. Jadi pulang pergi kita gak berhasil dengerin itu lagu.

(abis jatoh, liaaaaat masih cengar cengir kan walau lutut nyut2an? LOL

ternyata pas ilihat di kamar lumayan sobek lutut gw nya :I )

Abis dari Fuji-san mampir ke Gotemba city, buat belanja di factory outletnya. Dompet or jam yang di luar bisa jutaan, ini bisa cuma 5000 yen aja, means 500ribu aja dong.

Dari Gotemba kita pun langsung menuju hotel. Makan malam plus ofuro! Sayangnya saya lagi halangan :(( sedikit iri ngeliat orang2 pada hepi dan excited ber-ofuro ria. Saya? Cuma bisa lihat-liha ke dalam tempat ofuro nya.

Sambil makan malem kita bernarsis ria pake yukata. Dan di Jiragon no Fuji no Yakata ini cuma dipesen sama kita doang. Fufufufufu, kebayang dong narsis nya kita berasa yang punya villa.

Habis makan malam langsung acara ofuro. aaakkkk, bener-bener gak rejeki banget.. mana katanya kalo udah ofuro dijamin semua pegel ilang. Mana suasanya ofuro nya bener-bener di alam terbuka. Ya Allah belum rejeki *puk puk diri*

Sementara yang lain mandi ofuro, Saya cuma bisa mandi dalem kamar dan menghibur diri dengan nontonin CM doang di tivi... Sabar ya diit...

21 Desember 2011

Pagi-paginya nya pun pada mandi ofuro dan lagi-lagi  saya cuman mandi di kamar doang. Bener envy to the max. Tapi menghibur diri dengan, helloooo.. segini aja banyak ngeluhh...

Untunglah terhibur dengan pemandangan Fuji-san yang langsung terlihat jelas dari kamar!! ^^

(smileeeeeeeeeeeeeeeee ^^ menghibur hati yang lara #halahhh)

Makan paginya menunya sama kaya makan malem. Dan di sini rombongan kita beneran udah mulai bosen dan stuck makan. Ternyata, secinta-cintanya, sekalap-kalapnya gw makan sushi, sashimi dan sebangsanya kalo di Indonesia. Di sini malah gw ngarep nemu ceplok telor kek apa kek buat sarapan pagi. Semuanya malah udah pada ngeluh parah, apalagi yang laen mah dari awal bilang ikan salmon asap tuh ikan cue' .

Kalau saya dan Gili secara yang memang anak Jejepangan, masih nerima-nerima aja sih, walaupun udah mulai berasa kangen masakan Indonesia. Tertolong ada nasi sih. Malah Reti, model hits gitu aja dia pasti kalap kalo ketemu nasi. Dipadu padanin sama salad atau cuma sekedar tahu. Yang penting makan nasi katanya. We know that we are Indonesian then...

Bicara tentang nasi, beras di Jepang ini unggulan loh... Malah ada yang sampe sejutaan per kilo nya! Amazing...

Dan jadwal hari ini adalah Yunessun! Seharian di Yunessun bok, dan itulah yang bikin gak excited karena...ofuro-an lagi. Yunessun itu tempat buat ofuro tapi ditata modern gitu. Keren deh tempatnya. Yunessun

Untunglah ternyata yang gak nyebur pun boleh masuk dan nyelem-nyelem kaki dikit. Total, ada 4 orang yg gak nyebur dengan alasan masing2 : saya, niken, mba oliph sama mas will.

Apalagi andelan kita klo gk narsisan ria di kolam-kolam eksotis ini?
Yaaaaaaaahh, walaupun tetep ENVY to the max gak bisa nyebur. Bayangin, ada kolam mawar, kolam green tea, kolam khusus air mineral, kolam wine, kolam jeruk. huaaaaaa....

Yaaah, puas-puasin hati aja foto sana dan sini.

Acara ofuro selesai jam 11.30 an, selesai semuanya mandi dan siap-siap kita pun menuju Tokyo!

Next : Chapter 2 : Tokyo and Disneyland

1. Huaaaaaa deeee senangnyaaaaa *peluk2*
    jadi terharu gitu bisa pergi ke jepang gratis

2. huaaaaa.. iya teh fiya,,,, alhamdulillah sesuatu banget :D
    ini belom beres teh ceritanya, padahal wajib -_- belom sempet , sibuk uyyy...